GIMANA SIH AGAR LOLOS PMM???

 


Sebelumnya perlu diketahui bahwa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) itu merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi klaster lain di Indonesia selama satu semester dan juga untuk memperkoh persatuan dalam keberagaman yang ada di Indonesia. Pelaksanaannya dilakukan di semester ganjil, yaitu pada semester 3, 5, dan 7. Di Universitas Maritim Raja Ali Haji khususnya prodi Ilmu Administrasi Negara, ada empat mahasiswi yang lulus dari program PMM dari angkatan 2021 yaitu Fahriana Nur Anita, Nafis Laelatullaena, Adela Karmelita Sari , dan Nursahriza.

Kami sempat melakukan wawancara dengan salah satu yang lolos PMM yaitu Fahriana Nur Anita. Dalam program ini memiliki tahapan seleksi terdiri atas seleksi berkas dan tes Survei Kebhinekaan dan tes VCAT. Fahriana mengatakan “Terkait persyaratan yang dibutuhkan itu tidak terlalu kompleks, seperti :

1.      Mahasiswa aktif D3, D4, atau S1 yang terdaftar di PDDIKTI.

2.      Minimal semester 2 (dua) pada saat pendaftaran berlangsung.

3.      Perguruan tinggi asal berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek.

4.      Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan KTP).

5.      IPK minimal 2.80 dari skala 4.00 (dibuktikan dengan transkrip nilai).

6.   Membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Mahasiswa sesuai template yang disediakan.

7.     Sudah vaksin covid-19 dosis minimal ketiga (dibuktikan dengan sertifikat vaksin).

8.    Sehat jasmani (dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari fasilitas kesehatan yang dilengkapi).

9.  Rekening aktif bank BRI/BSI atas nama mahasiswa yang bersangkutan (dibuktikan dengan scan buku tabungan).

10.  Memiliki asuransi kesehatan yang aktif, seperti BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lain yang sejenis (jika tidak ada, akan membengkak dan membebani pihak PMM selama pelaksanaan program).

Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih tujuan perguruan tinggi. Namun, konsultasi dengan kaprodi tetap diperlukan untuk mempermudah proses konversi nilai nantinya. Usahakan untuk memilih perguruan tinggi yang memang ada jurusan dan mata kuliah yang linier dengan jurusan dan mata kuliah di perguruan tinggi asal.

Fahriana juga memiliki tips & trik lolos dalam program PMM :

1.     Harus paham terkait prosedur pelaksanaan PMM itu sendiri.

2.     Lengkapi semua persyaratan yang diperlukan.

3.    Usahakan untuk tidak mendaftar saat waktu pendaftaran hampir ditutup (karena pastinya jumlah pendaftar di perguruan tinggi tujuan sudah overload sehingga peluang lolos akan lebih kecil).

4.     Saat mengikuti tes Survei Kebhinekaan dan tes VCAT, usahakan jawab dengan jujur ​​​​dan konsisten.

5.    Jangan malas untuk konsultasi ke kaprodi agar tidak salah pilih perguruan tinggi tujuan sehingga proses konversi nilai pun akan mudah.

6.      Last but not least , kalau semua uda dilakuin dengan baik, jangan lupa berdoa.

Fahriana mengatakan bahwa info terkait PMM dapat dari instagram resmi PMM dan juga banyak masuk di FYP tiktok. PMM ini merupakan salah satu program MBKM yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek dibawah pimpinan Nadiem Makarim. PMM sendiri mulai dilaksanakan di tahun 2021. Sekarang sudah memasuki tahun ketiga PMM dibuka, jadi diberi nama dengan PMM Batch 3. Program ini dilaksanakannya pada semester ganjil (3, 5, dan 7). Jadi untuk pendaftarannnya dibuka saat mahasiswa sedang menempuh semester genap (2, 4, dan 6). Fahriana mengatakan “Saya pribadi kurang tau ya, apakah di tahun depan dan tahun berikutnya PMM bakalan di buka lagi atau tidak, karena di tahun 2024 itu kita sudah ganti Presiden dan jajarannya.Jadi kita pun ga tau apakah program MBKM dari pak Nadiem Makarim ini akan dilanjutkan, dikembangkan, diganti, atau malah dihapuskan oleh Mendikbud di masa selanjutnya.”

Semoga kedepannya PMM ini tidak dihapuskan walaupun menterinya bukan pak Nadiem Makarim. Karena dampak positif bagi mahasiswa Indonesia sangat bagus seperti mendapatkan relasi pertemanan, ilmu baru, suasana baru, mempelajari budaya dari daerah lain, dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Generasi Muda Harus Melek Politik ????

Mengenal Histori G30S PKI