Generasi Muda Harus Melek Politik ????

 


Secara teoritis, pemilihan umum dianggap sebagai tahap pertama dari banyak putaran penyelenggaraan negara yang demokratis. Oleh karena itu, pemilu merupakan motor penggerak sistem politik Indonesia.  Sampai saat ini pemilu masih dianggap sebagai  peristiwa penting kenegaraan. Memang benar, pemilu  secara langsung menyangkut semua orang. Melalui pemilu, masyarakat juga bisa mengutarakan keinginannya dalam politik maupun dalam sistem kenegaraan. Untuk memenangkan pemilu, salah satu syaratnya adalah dengan mendapatkan suara terbanyak  berdasarkan suara pemilih. pemilu yang telah ditetapkan. prosedur. Suara yang menentukan kemenangan datang dari berbagai lapisan masyarakat dan generasi yang berbeda.

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  menetapkan DPT Pemilu 2024 berjumlah 204.807.222 pemilih. Dari jumlah tersebut, terdapat  66,8 juta pemilih  generasi milenial, selain itu pemilih generasi Z juga mendominasi yakni sebesar 46,8 juta pemilih. Artinya, perpaduan kedua generasi tersebut berperan penting dalam menyelenggarakan pemilu mendatang. Selain dikenal lebih berpengetahuan tentang teknologi informasi, generasi ini juga memiliki cara pandang inovatif terhadap berbagai isu, termasuk lingkungan hidup dan perubahan iklim. Faktanya isu lingkungan hidup dan perubahan iklim masih belum mendapat perhatian serius dari sebagian partai politik. Partai politik seringkali hanya mengajukan isu-isu di bidang ekonomi dan sosial.

Selain itu, generasi Z dan millenial dapat melakukan pengecekan riwayat hidup calon pemimpin. Riwayat hidup seorang calon pemimpin dapat dijadikan referensi untuk melihat kembali gaya kepemimpinan, prestasi atau kebijakan yang diterapkan sebelumnya. Tentu saja, tidak semua informasi tidak bisa diterima sebagai  kebenaran. Anak muda harus pintar-pintar melakukan cross check untuk mengetahui keabsahannya agar informasinya dapat dipertanggungjawabkan. Hal yang sama pentingnya dalam mengidentifikasi pemimpin potensial adalah melihat visi dan misi yang mereka bawa. Sebagai generasi muda, kita harus memahami dengan jelas pendapat-pendapat yang akan diberikan dan diterapkan oleh calon pemimpin ketika terpilih. Visi dan  misi dapat dikatakan baik jika sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berpotensi untuk dilaksanakan dengan baik. Jadi pastikan untuk mengkaji visi dan misi sebelum memilih sehingga Anda tahu arah mana  yang sedang dibangun oleh calon pemimpin. Perlu juga  cerdas  menyikapi situasi dan memantau secara penuh perkembangan pemilu 2024. Pengawasan dapat dilakukan  dengan melakukan langkah dan tindakan yang dapat meminimalisir kecurangan pemilu seperti pelanggaran kampanye, penyalahgunaan data atau tindakan lainnya. penipuan. Dengan generasi muda yang berpendidikan politik, aktif dan tertarik pada isu pemilu untuk mewujudkan pemilu yang lebih sehat, demokratis dan memilih pemimpin Kepemimpinan yang baik, mampu mewujudkan kepentingan rakyat,

Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk memiliki pengetahuan politik. Sebagai kelompok dominan pemilih pada pemilu 2024,  merekalah yang akan menentukan arah masa depan negara dengan segala momentumnya. Penulis berharap generasi muda Indonesia dapat berperan aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini serta memberikan kritik objektif terhadap isu-isu yang diusung partai politik dan kadernya. Sebab generasi mudalah yang akan melengkapi satu abad kemerdekaan Indonesia dan diharapkan mampu membawa perubahan menuju negara yang maju dan sejahtera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Mengenal Histori G30S PKI