Apa Pentingnya Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa?


Didalam dunia perkuliahan pasti kita pernah mendengar istilah mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura ,bukan? Yang dimana mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) di identikkan bagi mahasiswa yang kegiatan sehari-harinya hanyalah kuliah pulang-kuliah pulang. Dan mahasiswa kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) diidentikkan bagi mahasiswa  yang kuliah rapat-kuliah rapat atau mengikuti kegiatan organisasi. Didalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial pastinya kita membutuhkan orang lain.dan tanpa bantuan atau pertolongan orang lain kita tidak akan bisa bertahan hidup. Bahkan, dari lahir juga kita sudah membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Sehingga, tidak bisa dipungkiri untuk kita hidup di tengah-tengah masyarakat untuk saling memberi bantuan kepada sesama.

Bagi mahasiswa lingkungan kampus adalah tempat menimba ilmu dan belajar, guna memperdalam ilmu pengetahuannya. Mahasiswa tentunya berbeda dengan siswa, mahasiswa sudah berada pada level yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa. Selain itu juga,  mahasiswa sudah dianggap dewasa dan memiliki prinsip dalam hidupnya. Sehingga mengerti apa yang harus dilakukan dalam mencapai life goals-nya tanpa disuruh-suruh oleh siapapun. Beda dengan siswa yang masih harus diperhatikan oleh guru maupun orangtuanya. Menyandang status sebagai mahasiswa bagi seseorang adalah kebanggaan sekaligus tantangan. Suatu kebanggaan bagi seseorang untuk bisa mengecap pendidikan di jenjang universitas. Dikutip dari TEMPO.com hanya 30 persen pelajar di Indonesia yang bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Dan juga menjadi sebuah tantangan karena kita harus siap berjuang dan melakukan sesuatu yang terbaik. Sehingga selain dari belajar juga kita perlu menambah wawasan melalui sebuah organisasi.

Organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon yang berati alat. Organisasi sendiri adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi dapat menjadi tempat untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa yang tidak bisa disalurkan di dalam kelas, tempat melatih sifat kepemimpinan dan ketahanan mental. Di dalam organisasi terdapat sekumpulan orang dengan tujuan,visi dan misi yang sama. Mereka saling bekerja sama untuk melaksanakan cita cita organisasi mereka,ataupun sekedar melakukan aktivitas yang disukai bersama-sama. Apapun kegiatannya,setiap orang yang tergabung dalam organisasi tersebut sudah pasti terlibat dalam proses bersosialisasi. Beberapa dari mahasiswa kadang salah persepsi mengenai sebuah organisasi dengan berorganisasi dapat membuat tenar ataupun terkenal, tetapi beberapa diantaranya juga ada  yang mengikuti organisasi  karena memang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih dari sebuah organisasi tersebut. 

Dalam mengikuti organisasi tidak ada unsur paksaan didalamnya. Dan memang motivasi untuk mengikuti kegiatan organisasi harus lahir dari diri kita sendiri. Karena setiap pengalaman dan pengetahuan yang kita dapatkan dalam organisasi juga nantinya untuk bekal kita secara individu. Ada beberapa hal manfaat berorganisasi yang harus kita ketahui, yaitu yang pertama,  mencapai tujuan yang diharapkan bersama, artinya didalam suatu organisasi pastinya ada tujuan yang ingin dicapai dan tentunya melakukan berbagai upaya dalam mewujudkannya. Kedua, masalah dapat terpecahkan. ketiga, timbulnya semangat kerja. keempat, mengembangkan kemampuan public speaking, yaitu melatih kita untuk berbicara didepan umum tanpa ada rasa grogi. Kelima, melatih jiwa kepemimpinan. Keenam, membentuk emotional intelegent. Ketujuh, belajar membagi waktu

Maka dari itu, sebagai mahasiswa ada baiknya kita untuk mengikuti organisasi. Agar kita dapat lebih menambah wawasan yang kita miliki dan juga mengikuti setiap proses dari sebuah organisasi tersebut. Sehingga dapat melatih diri kita untuk  berbicara lebih baik di depan banyak orang, lebih bisa mengontrol emosi yang ada dalam diri kita, belajar beradaptasi dalam organisasi, maupun belajar memahami karakter orang lain. Karena suatu saat setelah kita menyelesaikan perkuliahan, kita juga akan terjun ketengah tengah masyarakat dan menghadapi berbagai macam sikap maupun karakter masyarakat.
Terimakasih dan Semoga Bermanfaat 


Oleh : Esteria Pasaribu
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Generasi Muda Harus Melek Politik ????

Mengenal Histori G30S PKI