Apakah Berpikir Kritis Itu Perlu?


Sebagai makhluk sosial kita pastinya tidak pernah lepas dari kata berpikir. Dan dalam kehidupan kita sehari-hari tentunya diperhadapkan dengan berbagai pilihan, situasi, kondisi ataupun masalah. Sehingga kita perlu berpikir mengenai apa yang menjadi solusi untuk disetiap permasalahan yang dihadapi, yang pastinya hasil dari yang kita pikirkan tersebut bisa berdampak baik bagi kita maupun banyak orang. Menurut KBBI berpikir adalah menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu;menimbang-nimbang dalam ingatan. Menurut Drever dalam Khodijah (2006:117) berpikir adalah melatih ide-ide dengan cara yang tepat dan seksama yang dimulai dengan adanya masalah. Jadi berpikir adalah satu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Kita berpikir untuk menemukan pemahaman / pengertian yang kita kehendaki. 

Di dalam kehidupan kita sehari-hari pastinya kita tidak asing lagi mendengar makna dari “berpikir kritis”. Menurut  Paul (1993) Berpikir kritis adalah mode berpikir – mengenai hal, substansi atau masalah apa saja – di mana si pemikir meningkatkan kualitas pemikirannya dengan menangani secara terampil struktur-struktur yang melekat dalam pemikiran dan menerapkan standar-standar intelektual padanya. Berpikir kritis atau Critical Thinking adalah sebuah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang ingin diyakini sebagai kebenaran.

Sebuah studi terkini yang dilakukan oleh MindEdge menunjukkan bahwa banyak dari generasi milenial kekurangan keterampilan berpikir kritis. Ketidakmampuan membedakan informasi palsu di kalangan generasi milenial ini sangatlah problematik, di mana 55% dari generasi ini mengandalkan media sosial untuk menemukan dan membaca berita, sementara 51% lainnya sangat intens berbagi konten di media sosial, dan 36% sisanya tanpa sadar telah membagikan informasi yang tidak akurat. Banyaknya sumber media masa kini membuat generasi milenial termasuk mahasiswa, terkadang kewalahan dalam menentukan informasi fakta dan fiktif.

Di dalam kehidupan ini ada baiknya kita sebagai milenial ataupun mahasiswa berpikir kritis terhadap  suatu hal atau informasi yang kita peroleh. Dalam buku Student Guide to Historical Thinking (2011) Ricard Paul dan Linda Elder menegaskan tentang pentingnya berpikir kritis dalam diri seorang mahasiswa yang bertujuan agar mampu mencermati berbagai fenomena dan realitas. Karenanya, kemampuan berpikir kritis menjadi 'conditio sine qua non' (artinya setiap akibat dapat ditentukan sebab-sebabnya dan masing-masing sebab memiliki pengaruh terhadap terjadinya suatu akibat.) dalam diri mahasiswa. Wajib hukum bagi mereka untuk selalu merespons berbagai persoalan diri dan masyarakatnya sesuai dengan kompetensi dan bidang keilmuan yang digelutinya dengan cara mengidentifikasi masalah, mensitesis, menganalisis dan selanjutnya dapat memberi jalan keluarnya.

Ada beberapa hal manfaat yang kita dapatkan jika kita mampu berpikir kritis, yaitu:
1. Kita dapat mengambil keputusan yang tepat pada saat diperlukan, yaitu dimana kita menentukan keputusan  terhadap suatu keadaan ataupun pilihan yang sudah kita pertimbangkan. Sehingga apapun hasilnya dapat kita terima.
2. Berpikir kritis membuat kita menjadi orang yang lebih berkarakter.
3. Berpikir kritis akan membantu kita dalam bidang akademik, dimana dengan mengetahui informasi dan menelaahnya akan bisa menambah wawasan serta pengetahuan yang lebih bagi kita.

Maka dari itu, berpikir adalah proses otak melakukan pengumpulan dan analisa informasi, dimana kumpulan semua informasi ini misalnya dibutuhkan dalam membuat keputusan, membuat konsep, melakukan penalaran, serta membuat pemecahan suatu masalah. Berpikir kritis adalah proses berpikir dimana informasi menjadi keputusan atau kesimpulan. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, maka dari itukita perlu berlatih dan membiasakan diri setiap hari secara rutin dan berkelanjutan.


Oleh : Esteria Pasaribu
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Generasi Muda Harus Melek Politik ????

Mengenal Histori G30S PKI