Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Secara Daring di Tengah Pandemi Covid-19

Corona virus atau yang sering kita sebut dan kita kenal dengan Covid-19 merupakan salah satu virus yang sangat membahayakan karena Covid-19 ini dapat menyebabkan kematian bagi orang – orang yang telah terinfeksi oleh virus tersebut. Covid-19 ini sudah banyak tersebar di berbagai Negara salah satu nya yaitu di Negara Indonesia .

Di Negara Indonesia sudah banyak sekali warga Negara nya yang telah terpapar oleh Covid-19 dan tak sedikit pula yang sudah banyak meninggal akibat virus tersebut. Bahkan rumah sakit pun sudah mulai kewalahan untuk menampung para pasien yang telah terpapar oleh Covid-19. 
Sehingga dengan begitu akhir nya pemerintah pun mulai mengambil salah satu langkah atau cara guna mencegah terjadi nya penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas dan merajarela di Negara Indonesia yaitu  dengan cara Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB )  yaitu menjaga jarak guna untuk mencegah terjadi nya penularan Covid-19 yang semakin melebar.

Setelah di terapkan nya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) maka di berlakukan lah bekerja dari rumah , belajar dari rumah dan beribadah dari rumah , yang mana maksud nya adalah semua nya di lakukan secara online , sehingga hal tersebut juga berdampak bagi pendidikan yang ada di Negara Indonesia. 
Ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) di terapkan di Negara Indonesia maka dengan begitu seluruh kampus dan sekolah yang ada di Negara Indonesia  mulai menerapkan pembelajaran secara daring ( dalam jaringan ) atau secara online sehingga dengan begitu para mahasiswa dan mahasiswi , serta siswa dan siswi mulai melakukan proses pembelajaran dari rumah dengan menggunakan applikasi pembelajaran mulai dari Google Zoom , Google Meet , Classroom dan lain sebagai berikut nya.

Menurut saya ketika proses pembelajaran di lakukan secara daring ( dalam jaringan )  atau online dari rumah ada beberapa dampak postif dan negatife nya ketika di terapkan nya pembelajaran secara daring ( dalam jarigan ) yaitu :

Dampak positif :
1. Seluruh pelajar dapat mengakses tentang materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja.
2. Seorang pelajar akan lebih rajin lagi untuk membaca materi yang telah ia cari di internet dan materi yang telah di berikan oleh dosen atau guru.
3. Seorang pelajar akan lebih rajin lagi untuk mencari materi-materi yang ada di internet sehingga dengan begitu hal ini menjadi hal yang positif.

Dampak Negatif :
1. Apabila cuaca sedang tidak mendukung ( hujan ) maka koneksi internet menjadi tidak lancar , kemudian ada banyak sekali para pelajar yang tinggal di pulau – pulau serta di daerah pedalaman sehingga terkadang tidak ada koneksi internet sama sekali dan hal ini membuat para pelajar sangat kesulitan untuk mengakses materi pembelajaran.
2. Banyak orang tua yang kurang mampu untuk membelikan anak nya kuota internet untuk pembelajaran sehingga hal ini juga merupakan dampak negatif dari pembelajaran secara daring ( dalam jaringan ).
3. Banyak nya tugas yang di berikan oleh para pengajar sehinggal hal ini membuat para pelajar menjadi kewalahan dan bisa saja menjadi stress akibat banyak nya tugas yang menumpuk.
4. Pembelajaran secara daring menjadi kurang efektid di bandingkan dengan pembelajaran secara tatap muka.

Virus Corona atau Covid-19 adalah virus yang sangat membahayakan karena dapat menyebabkan kematian bagi orang-orang yang telah terinfeksi oleh virus tersebut. Bukan hanya itu saja virus Corona ini juga sangat merugikan seluruh kalangan masyarakat terkhusus nya bagi para pelajar yang mana akibat di terapkan nya pembelajaran secara daring ( dalam jaringan ). Untuk itu semoga saja virus tersebut dapat teratasi sehingga tidak dapat menghambat para pelajar untuk melakukan pembelajaran seara tatap muka. 

Menurut saya itu lah beberapa dampak positif dan negatif akibat di lakukan nya pembelajaran secara daring ( dalam jaringan ) di tengah  pandemi Covid-19 saat ini, semoga bermanfaat.


Oleh : Veronisa
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2019

Komentar

  1. Semoga virus Corona cepat berlalu ya. Kami para pelajar sudah lelah dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Soal nya banyak tugas yang diberikan. Belum lagi siap malah datang tugas yang lain. Sehingga tugas menjadi menumpuk dan membuat kami kewalahan

    BalasHapus
  2. Semoga virus corona cepat berlalu agar kita dapat kembali beraktivitas seperti semula GBU🙏😇

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Generasi Muda Harus Melek Politik ????

Mengenal Histori G30S PKI