Dampak Teknologi Terhadap Generasi Milenial


Apa itu generasi milenial ?

Generasi Milenial merupakan generasi yang khusus untuk menggambarkan orang – orang yang lahir antara tahun 1980 hingga tahun 2000. Namun ada sebagian para ahli yang mengatakan bahwasan nya orang yang lahir pada tahun 2004 merupakan tahun terakhir bagi generasi milenial.

Meskipun begitu generasi milenial ini juga merupakan generasi yang paling paham tentang teknologi di bandingkan dengan generasi – generasi sebelum nya. Ketika teknologi semakin berkembang pesat di era generasi milenial ini , maka dari itu generasi millenial ini harus pandai dalam menggunakan dan memanfaat kan teknologi tersebut sebaik mungkin.

Ketika teknologi ini semakin maju dan berkembang pesat tak bisa kita pungkiri ada banyak berbagai macam media social yang mulai bermunculan mulai dari Facebook , Instagram , WhatsApp , Line , Telegram dan masih banyak media social yang lain nya. 
Bahkan pengguna media social ini bukan hanya generasi milenial tetapi orang tua , bahkan anak – anak yang masih duduk di sekolah dasar pun sudah mulai memainkan dan menggunakan media social tersebut. 

Dengan semakin berkembang pesat nya teknologi tersebut maka tidak luput dari yang nama nya dampak , dengan begitu ada beberapa dampak positif dan negatif teknologi terhadap generasi millenial. 

Dampak positif : 
1. Semakin maju nya teknologi maka akan semakin mempermudahkan generasi milenial tersebut.
Contoh nya : jika generasi- generasi sebelum nya ingin menambah ilmu , pengetahuan dan wawasan maka mereka terlebih dahulu harus membeli buku untuk mereka baca. Berbeda dengan generasi milenial ketika generasi milenial ini ingin menambah ilmu , pengetahuan dan wawasan maka mereka tinggal mencari nya di internet , google bahkan juga di applikasi pembelajaran.
2. Semakin maju nya teknologi maka dapat mempermudahkan generasi milenial tersebut untuk berkomunikasi terhadap siapa saja , kapan saja dan dimana saja. 
Contoh nya : jika generasi – generasi dahulu ketika ingin bertemu untuk tatap muka dengan kerabat nya , maka mereka harus datang dan menjumpai kerabat mereka tersebut. Namun berbeda di era generasi millenial ini ketika generasi milenial ini ingin bertemu dengan kerabat mereka namun terhalangi oleh jarak maka mereka bisa menggunakan applikasi media social yang memungkinkan mereka untuk melakukan video call.

Dampak negatif :
1. Banyak sekali generasi milenial ini yang salah dalam menggunakan teknlogi .
Contoh nya : generasi millenial ini cenderung lebih suka menggunakan teknlogi ini ke hal – hal yang salah untuk merusak diri mereka sendiri dengan cara melihat dan menonton video – video terlarang yang seharus nya tidak boleh mereka lihat dan tonton .
2. Sering sekali generasi milenial ini lupa akan waktu ketika mereka sudah mulai bermain teknologi ( gadget ).
Contoh nya : generasi millenial cenderung menghabiskan waktu mereka secara percuma-cuma hanya untuk menggunakan dan memainkan media social ,  bahkan generasi milenial ini juga sering kali menghabiskan waktu mereka berjam – jam hingga larut pagi hanya untuk bermain game online seperti mobile legend , pubg dan lain-lain sebagai nya.
3. Generasi milenial ini justru lebih memilih memainkan gadget mereka dan cenderung malah mengabiakan perintah yang di suruh oleh orang tua mereka.

Menurut saya , ini merupakan suatu tantangan besar yang harus di hadapi oleh para generasi milenial tersebut. Mengapa ? karena di era milenial ini , generasi milenial ini harus pintar dan pandai dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat dan maju dengan sebaik mungkin.

Menurut saya itulah beberapa dampak teknologi terhadap generasi milenial. semoga bermanfaat. 


Oleh : Veronisa
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2019

Komentar

  1. semoga generasi milenial tidak menjadi generasi yang fokus terhadap teknologi

    BalasHapus
  2. Untuk yang opini teknologi semoga generasi milenial dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi ke hal-hal yang positif

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Generasi Muda Harus Melek Politik ????

Mengenal Histori G30S PKI