Mampukah Generasi Milenial dalam Memimpin Bangsa Ini Kedepannya?


Akhir – akhir ini seperti yang kita ketahui ada banyak informasi dari media social yang kita dapatkan yang membuat hati kita sesak , dan prihatin dengan negeri kita ini , yaitu negeri Indonesia. Pada saat kita mendengar nama Adhisty Zara yang terjerat dalam kasus tindakan asusila yang mana beberapa waktu lalu beredar video yang diduga Adhisty Zara dan Zaki Pohan di sebuah ruangan, kejadian tak terduga terekam dalam Insta Story Zara di Instagram. Zaki Pohan terlihat melakukan tindakan asusila pada Adhisty Zara dengan memegang bagian intim sang kekasih dengan sengaja sebanyak dua kali , sungguh hal ini sangat tidak patut untuk di contoh di mana generasi milenial seharus nya menjadi contoh dan panutan yang baik bagi bangsa ini justru malah kebalikan nya. 

Kemudian masih banyak kasus – kasus dari generasi milenial lain nya yang sangat tidak patut untuk kita contoh , mulai dari melakukan tindakan kekerasan yang berujung trauma kepada si korban , melakukan pencurian , memakai obat – obat terlarang ( narkoba ) , bahkan sampai melakukan tawuran antar pelajar yang mana hingga berujung kematian , sungguh hal tersebut sangat membuat hati kita ngilu dan miris dalam melihat tindakan dari generasi milenial tersebut. 

Terlepas dari kasus – kasus generasi milenial tersebut ada satu yang menjadi pertanyaan besar yaitu “ Mampukah Generasi Milenial dalam Memimpin Bangsa ini Kedepan nya ? “ 
Tentu saja ada , terlepas dari banyak nya kasus yang terjadi dari generasi milenial tersebut tentu saja masih ada harapan bagi kita untuk menjadikan generasi milenial ini menjadi pemimpin bangsa ini , menjadikan generasi milenial ini menjadi tiang dalam memimpin bangsa ini , namun harus di lakukan seleksi untuk menjadikan generasi milenial ini menjadi pemimpin dan tiang dalam memimpin bangsa ini.

Jika kita ingin menjadi penerus dalam memimpin bangsa ini tentu kita harus memiliki beberapa karakter kepemimpinan yaitu :
1. Cepat tanggap dan responsive
Dengan adanya digital dan teknology yang canggih pemimpin di masa depan harus mampu melakukan segala sesuatunya secara cepat karena masyarakat milenial membutuhkan pemimpin yang dapat melayani secara cepat, tanggap dan responsif terhadap suatu masalah yang timbul di bawah kepemimpinannya.
2. Bersama dengan masyarakat
walaupun teknology digital berkembang pesat, sebagai pemimpin yang baik di masa depan, maka pemimpin harus memiliki karakter mudah berbaur dengan masyarakat untuk memajukan wilayah kepemimpinannya secara bersama dengan masyarakat.
3. Sinergi Eksternal ( bekerja sama)
Seorang pemimpin yang mampu menginspirasi adalah pemimpin yang mampu bekerja sama dengan baik, menganggap orang lain bukan sebagai bawahan atau orang lain, melainkan menjadikannya sebagai patner untuk melakukan hal hal yang lebih baik untuk membangun dengan cara bekerjasama dengan baik.

Namun sebenar nya yang perlu kita perhatikan adalah tidak perlu bersusah payah untuk menjadikan negeri kita ini menjadi negeri yang banyak hal , yang perlu kita lakukan adalah hanya satu mari mengubah diri kita sendiri , agar menajdi pribadi yang lebih baik lagi dari pada sebelum nya , agar kita juga pantas untuk menjadi generasi dalam memimpin bangsa ini. 
Sangat sulit memang untuk mengubah diri kita supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi , namun jika kita memiliki niat serta tekad yang kuat dari dalam diri kita yakin dan percaya lah bahwa kita pasti bisa untuk mengubah diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga dengan begitu kita akan menjadi generasi yang lebih pantas lagi untuk menjadi pemimpin dalam memimpin bangsa ini kedepan nya nanti.


Oleh : Veronisa
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Baru Menuju Sejarah: Memulai Perjalanan Baru Bersama HIMANEGARA

Generasi Muda Harus Melek Politik ????

Mengenal Histori G30S PKI